Wednesday 10 August 2011

Membuat Storyboard untuk Film Animasi

Assalamu'alaikum... jumpa lagi dengan tulisan saya, kali ini saya akan membagi sedikit cerita tentang mata kuliah yang saya ikuti selama di SEAMOLEC sebelum berangkat ke ITB. Mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh semua jurusan adalah Aminasi 3D dengan Blender. Ini adalah mata kuliah yang memang saya tunggu kehadirannya hehehe.... dan ternyata asyik juga.
Dalam materi kuliah diajarkan tentang dasar-dasar pembuatan suatu model 3 Dimensi, dan ternyata dosen pengajarnya adalah teman saya waktu kuliah dulu yang kebetulan duluan daftar ke ITB yaitu Alfan. Untuk pembuatan model dalam 3D kita mulai dengan pembuatan Kubus terlebih dahulu karena dari situlah semua bentuk dibuat. Untuk lebih lengkapnya akan saya berikan tutorialnya pada tulisan selanjutnya. Dalam materi kuliah ini, seluruh mahasiswa diberi tugas untuk membuat film animasi yang berkaitan tentang pendidikan. Untuk itu mahasiswa dibuat menjadi beberapa kelompok sehingga pembuatan film tersebut dikerjakan oleh 3 orang tiap 1 film dan deadlinenya adalah sampai akhir September 2011. ngebut banget dah...

Kelompokku mengambil judul "Masih Ada kapal Ke Padang" dengan setting kampung halamanku sendiri. Untuk karakter kita dibuatkan sama, sedangkan untuk modeling kita dibebaskan..
Sebelum membuat film, perlu adanya pemberian karakter, penyusunan naskah dan script dialog, serta story board. Storyboard ibaratnya adalah sebuah nyawa dari sebuah film yang akan dibuat. Storyboard bisa digambar atau bisa dengan memfoto model kita. Ini bisa menjadi wacana dalam pembuatan film kita, karena disitu disusun tata letak dan gambaran garis besar sebelum film dibuat. Berikut ini contoh story board yang telah saya buat dengan saya gambar terlebih dahulu dengan media kertas.

No comments: