Wednesday 27 July 2011

Outboand dan Pendidikan Karakter D4 ITB - SEAMOLEC Batch 4





Alhamdulillah perkuliahan di SEAMOLEC udah berlangsung selama 3 minggu. Sebelum dilakukan perkuliahan terlebih dahulu para mahasiswa ITB mengikuti pendidikan karakter yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC. Pelaksanaannya dilakukan mulai tanggal 23-25 Juli 2011.
Pembukaan outboand dilaksanakan pada sore hari yang dihadiri oleh Direktur SEAMOLEC Bapak. Gatot Hari P. selaku penanggungjawab perkuliahan di SEAMOLEC dan ITB. Selain itu dihadiri oleh ibu Dewi selaku penanggungjawab akademik dan para dosen pengajar selama di SEAMOLEC.
Hari ke-2 mulai dilaksanakan outboand yang dibina oleh Pak Stanley dan kru, dimana beliau adalah seorang trainer yang sudah terkenal jajaran internasional dan sebagai pendiri KAISINOV trainer. Setelah dilakukan pengenalan di ruangan, para mahasiswa dibentuk 4 kelompok yang anggotanya selain dari mahasiswa D4 tapi juga adari mahasiswa D3 AMIK, sedangkan aku sendiri tergabung dalam kelompok Kerbau. Kemudian para mahasiswa turun ke lapangan sekitar UT dan melakukan outboand disana.
Pada pelaksanaan permaianan, banyak sekali permainan yang membentuk karakter Team Work, mereka dilatih bagaimana bekerja sama dengan baik, diantaranya adalah permainan ranjau, sarang laba-laba, kelereng dan menghafal peta. Seru banget pokoknya, tapi sayangnya q tidak mengikuti karena hamil hehhehehehe....
Yang menarik pada pelaksanaan outboand adalah kita disana diajarkan untuk disiplin, menjaga kebersihan dan berani dalam mengambil resiko. Ada satu hal lagi yang menarik, kita semua diberi tugas untuk menjual bolpoin yang harga aslinya adalah 1500 tapi harus bisa mendapatkan lebih dari itu. Dan pada hari pertama, ada seorang teman yang berhasil menjual 1 bolpoint dengan harga 60.ooo. Pada hari ke-2, aku juga berusaha membantu kelompokku dalam menjual bolpoint, dan alhamdulillah aku bisa menjual dengan harga 100.000 per biji dan aaku bisa menjual 2 bolpoint sekaligus pada wakil Dikdasmenku yang kebetulan mampu dan mengerti kejujuranku. Dari situ aku bosa mengambil hikmah tak ada yang tak mungkin dalam dunia ini, asal kita berani dan jujur semua akan kita daptkan yang terkadang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Hari terakhir Outboand ditutup dengan capek tapi menyenangkan, kelompok kami juara 1 dengan perolehan bintang terbanyak. Yang membuat kami senang dalam mengikuti kegiatan ini adalah karena pak Stanlay selaku instruktur selalu memberikan semangat dan mengajak bernyanyi mahasiswa dengan alunan gitarnya. Salut dengan beliau, meski usianya telah lanjut tapi semangatnya masih menggebu untuk melakukan perubahan...

No comments: