Wednesday 12 November 2008

Mengatasi Komputer Gagal Power Off

Masalah ini berawal ketika komputer teman terkena virus Batamhacker, setelah diutak-atik Alhamdulillah bisa normal kembali (solusinya pada artikel sebelumnya). Untuk lebih meyakinkan, komputer tersebut saya install ulang, karena sangat lemot sekali dan banyak program yang terlalu berat. Setelah instalasi selesai komputer saya matikan seperti biasanya, tapi aneh sekali komputer tidak bisa langsung mati dan di monitor muncul “it’s now turn off your computer”. Padahal biasanya tulisan itu muncul pada power supply model lama yaitu AT, sedangkan komputer teman berjenis ATX. Setelah dicari di google muncul beberapa solusi diantaranya meng-enable power management pada windows dengan cara :
Klik kanan Desktop, pada tab Screen Saver pilih tombol Power
Kemudian akan muncul kotak dialog Power Option Properties, pada tab APM centang pada “Enable Advanced Power Management support”. Kemudian Apply dan selanjutnya silahkan matikan komputer.


Kadang komputer kita tidak terdapat tab APM dan PC juga tidak dapat langsung mati saat di shutdown, maka harus diaktifkan dulu “Power Off Active” pada registry dan mengaktifkan “Power Management” pada BIOS

Tapi cara bagus di atas tidak berlaku pada PC ku, komputer tetap tidak mau mati dan yang mati hanya monitornya saja (tulisan sudah hilang), sampai komputer harus diinstal 2 kali karena mungkin ada kesalahan saat instal windowsnya. Dan hasilnya nihil, komputer harus dimatikan secara manual untuk dapat mati dengan menekan tombol power selama 5 detik. Setelah tanya teman-teman yang lagi OL, akhirnya ketemu juga caranya dengan mengutak atik BIOS. Pada BIOS terdapat option Load Setup Default yang artinya mengembalikan setting default BIOS sesuai dari MOBOnya. Kemudian komputer di setting ulang dan Alhamdulillah, akhirnya PC bisa shutdown dengan selamat.
Ternyata pengetahuan tentang BIOS penting banget lho, bagi yang awam seperti aku. So, tetap semangat untuk belajar dan jangan malu untuk bertanya.

1 comment:

Anonymous said...

malam ... salam kenal.