Saturday 13 September 2008

Coklat dan Nyeri Haid

Hemm... Nyeri haid memang selalu menjadi momok bagi wanita yang sedang haid di hari pertama atau kedua. Wanita yang lagi 'dapet' biasanya emosinya meningkat, nafsu makan tinggi, kadang ada yang jerawatan juga. Awalnya aku gak pernah tahu rasanya nyeri saat haid, buat akhir-akhir ini aku mulai merasakannya juga meski ga terlalu sakit. Kadang temanku sampai pingsan gara-gara nyeri haid. Nyeri haid biasanya dikarenakan meningkatnya hormon prostaglandin, perubahan hormonal ketika mulai haid, kurang olah raga, dan bahkan kecemasan yang berlebihan.

Untuk mengantisipasi nyeri haid ringan biasanya aku minum air putih yang banyak kemudian berbaring sambil mengangkat kedua kaki ke atas serta menggerak-gerakkan keatas dan kebawah. Dan satu lagi yang mungkin sedikit membantu mempercepat kesembuhan yaitu dengan makan coklat. Aku juga bingung kenapa setelah makan coklat kok sakitnya berkurang. Mungkin kandungan dari coklat yang membuat nyeri itu hilang atau apapun itu yang pasti mempunyai nilai gizi.
Kandungan gizi coklat secara umum antara lain :
1. Karbohidrat
2. Protein
3. Lemak, asam oleat, asam stearat dan asam palmitat
4. Vitamin B riboflavin
5. Mineral : kalsium,Fe,Zn
6. Niacin
Trus apa hubungannya ya coklat kok bisa buat nyeri haidku hilang? Kasih tahu donk pembaca yang lebih mengerti!

1 comment:

Tri Ubaya said...

Kalo gak salah saya pernah baca kalo coklat itu punya suatu zat yang membuat perasaan kita Tenang...santai rilex....(mungkin juga heppi)

makanya kalo perasaan kita lagi gak bisa tenang..perbanyaklah mengingat ALLOH SWT...

trus jgn lupa makan Coklat :D

Yang pasti saya juga suka coklat :D