Thursday 31 July 2008

Oleh-oleh dari Rasulullah

27 Rajab 1429 H kemaren untuk kesekian kalinya umat Islam banyak yang memperingati peristiwa penting yang terjadi pada masa Rosulullah. Peristiwa itu dikenal dengan Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Bagi umat Islam peristiwa itu sangat penting, karena banyak sekali kejadian yang aneh tapi nyata disana. Namun, ada sedikit oleh-oleh dari Rosulullah yang terkadang kita lupakan di masa sekarang. Rosulullah tak meminta harus dirayakan besar-besaran, pesta yang mubadzir atau hal-hal yang kadang dijadikan orang-orang sebagai ajang kesyirikan. Sebenarnya ada makna yang tersembunyi di balik semua itu, dan kita harus selalu mengingat dan mengamalkannya apabila kita memang masih mengaku sebagai umat Rosulullah.

Adalah oleh-oleh yang langsung diperintahkan oleh Allah kepada seluruh umat Rosulullah ketika Isra' dan Mi'raj kepada beliau. Oleh-oleh itu adalah Sholat lima waktu yang sampai sekarang dijadikan ibadah rutin kaum muslimin. Perjuangan beliau untuk mendapatkan keringanan, sampai akhirnya mendapat hanya 5 waktu saja sangat membuktikan bahwa beliau sangat sayang kepada umatnya. Bayangkan saja kalau kita harus sholat 50 rokaat setiap harinya, sedangkan 17 rokaat yang wajib saja kadang sering kita tinggalkan. Rosulullah tahu kalau umatnya itu mempunyai kemampuan yang sangat terbatas. Sungguh mulia kasih sayang beliau kepada kita semua, dan tak selayaknya kita mengabaikan perintah Allah tersebut.
Sholat itu menjadi pangkalnya ibadah, sebab amalan pertama kali yang akan dihisab di akhirat adalah sholat. Tak ada alasan apapun untuk meninggalkan sholat, dalam keadaan sakit, berperang, dalam perjalanan, meninggal dunia (disholati), apalagi sehat kecuali ada udzur syar'i (lupa dan tertidur). ini pun harus digantikan pada waktu yang lain. Seseorang bisa dilihat baik atau buruk hanya dengan bagaimana ia menjaga sholatnya setiap hari. Apabila kita berusaha menjaga sholat kita, insya Allah kita akan mendapatkan banyak hal coz ga da ruginya kan. Dengan sholat kita terlatih untuk istiqomah, disiplin, menjaga kebersihan, sehat, ketenangan hati, dan masih banyak lagi apabila kita mengerjakannya dengan ikhlas tentunya. Semoga kita bisa menjaga sholat kita dan akan berkumpul dengan umat Roulullah yang lain di padang maghsyar yang sangat panas. Dengan syafa'at Rosulullah tentunya :). Ayo deh bareng2 perbaiki sholat kita, sebelum kita keduluan di sholati banyak orang lho....

No comments: