Wednesday 23 May 2012

Mengatasi Bayi yang Gumoh

Gumoh merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Jawa untuk mengatakan muntah pada bayi. Gumoh merupakan proses keluarnya cairan putih seperti susu dari mulut bayi dan terkadang dari hidung. Biasanya gumoh terjadi setelah bayi diberi ASI atau air minum. Bagi ibu muda seperti saya, terkadang gumoh membuat kita tegang dan panik untuk mengatasinya. Kata orang tua terdahulu , gumoh terjadi karena si Ibu bayi memakan makanan yang terlalu panas. Hal itu saya ikuti karena emang tidak baik makan makanan yang terlalu panas sehingga setiap akan makan nasi harus didinginkan terlebih dahulu. Akan tetapi meski saya sudah tidak makan makanan panas, ternyata bayi saya tetap saja gumoh -nah lo...hehehe....

Setelah saya browsing di internet akhirnya saya lebih tau, ternyata makanan panas bukan penyebab seorang bayi itu gumoh. Gumoh terjadi karena kontraksi lambung yang masih belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Bayi yang baru lahir biasanya meminum ASI dengan sangat kuat dan terkadang meminta terus-menerus. Sedangkan pencernaannya masih belum kuat untuk memproses makanan yang masuk ke dalam lambung, sehingga terkadang bayi muntah apabila ASI terlalu banyak. Sebenarnya banyak sekali tips-tips agar bayi tidak gumoh. Saya mencoba menuliskan sesuai dengan pengalaman pribadi saya mengatasi gumoh pada bayi saya. 1. Berikan ASI pada bayi sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak dan terlalu lama saat menyusui. 2. Setelah menyusui, taruh bayi pada pundak kita dengan posisi tengkurap pada bahu kita, kemudian tepuk-tepuk lembut. Hal ini membantu agar bayi bersendawa. 3. Jangan goyang-goyangkan bayi setelah menyusui, agar bayi tidak merasa mual. Biarkan dia tenang setelah menyusui. 4. Hindari makanan yang menyengat dan amis agar ASI tidak berubah rasa. 5. Hindari posisi menyusui dengan berbaring, biasanya bayi saya posisikan kepala lebih tinggi daripada perut. Terkadang bila menyusui dalam posisi berbaring yaitu pada saat bayi tidur malam hari, dan setelah menyusi bayi tertidur kembali sehingga kecil sekali kemungkinan untuk gumoh Apabila terjadi gumoh pada bayi, berikut ini tipsnya 1. Bila bayi gumoh segera bersihkan dengan tisue kering atau basah agar gumoh tidak sampai ke telinga bayi (bila posisi bayi gumoh terlentang) 2. Setelah gumoh, berikan minyak telon di leher bayi dan di perut biar tidak terlalu bau dan membuat bayi nyaman serta hangat. 4' Segera ganti baju bayi bila gumoh terlalu banyak sehingga baju menjadi basah agar bayi nyaman. 3. Apabila gumoh bayi sampai melalui hidung segera bersihkan dan kalau bisa sedot hidung bayi agar gumoh yang tersisa tidak masuk ke saluran nafas. Demikian tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat... apabila ingin menambahkan silahkan beri komentarnya ya...

3 comments:

mujibturen said...

ini dia celoteh ibu2.
hmps ti unikama, kampus multikultural

Ratih said...

hahha... ya harap maklum Pak, mencoba sharing yang aku kuasai aja... ntar bikin celoteh Bapak-bapak juga ya hehehe

Indra Al Ghazali said...

numpang istirahat, capek habis blog walking :D