Friday 30 October 2009

Pembelajaran TIK yang Menyenangkan

Assalamu'alaikum semuanya...
Hari ini saya mencoba sharing sesuatu yang sudah saya lakukan yaitu pembelajaran TIK di kelas, saya menulis hanya sebagai arsip saja dan apabila bermanfaat bagi pembaca saya sangat bersyukur :)

Belajar TIK untuk SMP tidak melulu harus praktikum di depan Komputer, apalagi kalau materinya tidak mengharuskan anak-anak duduk di depan komputer. Pada materi TIK kelas 7 contohnya, materi yang diajarkan bukan praktik tapi lebih banyak pemahaman. Dari salah satu materi yang diajarkan ada materi yang diharuskan mereka memahami tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan TIK dilingkungan sekitar. Biasanya pada pembelajaran ini guru mengajak siswa melihat tayangan yang menunjukkan tentang keuntungan dan dampak negatif penggunaan TIK. Kalau saya karena tidak mempunyai Videonya dan fasilitas yang kurang mendukung, maka saya menggunakan media lain yaitu KORAN BEKAS.. gimana caranya ?

Pertama saya bagi mereka dalam beberapa kelompok dengan atu kelompok terdiri dari 3 orang. Setelah itu mereka saya beri lembar kerja yang isinya tabel sebagai berikut :


Langkah selanjutnya adalah siswa diberi sedikit pengarahan tentang bagaimana cara mereka melakukan observasi. Kemudian siswa diajak untuk ke perpustakaan untuk dapat melakukan pencarian pada koran-koran bekas yang ada di perpustakaan.
Siswa juga tidak diperbolehkan untuk menggunting atau mencorat-coret koran yang digunakan untuk pembelajaran. Siswa yang telah menemukan artikel langsung mencatatnya pada lembar kerja yang telah disediakan



Setelah siswa mencari dan mencatat hasil observasi, maka pada pertemuan berikutnya tiap kelompok yang mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas untuk didiskusikan dengan teman-teman yang lain, sehingga antar kelompok dapat menemukan hal-hal baru yang dapat disharingkan pada kelompok yang lain.
Metode ini sejauh ini sangat menyenangkan bagi anak-anak. Disamping anak-anak lebih faham tentang materi yaitu dengan melakukan pengamatan langsung pada dunia luar, mereka juga belajar untuk berkomunikasi di depan kelas. Melatih membaca dan bekerja sama.
Metode ini juga bermanfaat bagi mereka untuk melatih mengemukakan pendapat dan mendengarkan pendapat orang lain.
Meskipun begitu metode ini juga mengalami kendala, yaitu siswa yang cenderung pasif menyebabkan diskusi di kelas menjadi kurang hidup, dan ada beberapa siswa yang cenderung mengandalkan siswa yang lain untuk bekerja.

Demikian tulisan saya, apabila ada saran dan cara efektif lain bisa disharingkan melaui komentar. Semoga bermanfaat ^_^

2 comments:

Syamsul Huda said...

Salam kenal...
Mbak ngajar di mana sich?
Bisa dong berbagi ilmunya?

Ratih said...

salam kenal juga
aku ngajar di SMP Muhammadiyah 8 Batu, boleh silahkan sharing aja