Wednesday 28 November 2007

Dzikrullah

Sesungguhnya dzikrullah adalah semulia-mulia ibadat, sebesar-besar cara mendekatkan diri kepada Allah, makanan roj dan sumber ketenangan hati orang yang beriman. Firman Allah dalam surah ar-Ra'd ayat 28 yang bermaksud "Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingati Allah, Ingatlah hanya dengan mengingati Allah hati akan menjadi tenang". Allah memerintahkan kepada hamba-Nya memperbanyak dzikir. Dzikir bisa dilakukan melalui lisan maupun dengan hati.
Dzikir dengan lisan adalah dengan menyebut Asma Allah berulang kali, menyebut sifatnya atau melafalkan puji-pujian kepada-Nya, menghadirkan kebesaran, keagungan, kehebatan, kemuliaan, dan kesempurnaan Allah di dalam diri dan jiwanya.


Seseorang yang lidahnya senantiasa basah dengan mengingati Allah akan mendapat beberapa manfaat antaranya:
* Membersihkan hati dari sifat madzmumah
* Melembutkan hati sehingga dapat melihat kebenaran yang datang dari Allah
* Merasa betapa dekatnya diri dengan Allah sehingga bila dapat musibah langsung menggantungkan diri pada Allah
* Meningkatkan mutu amalan kepada Allah
* Memelihara diri daripada gangguan syaitan yang senantiasa mau menyesatkan manusia
* Menjadi penawar kepada hati yang sering gundah gulana, keluh kesah, dan tidak tenteram

Ucapan "La Ilaha Illallah" adalah ucapan dzikir yanbg paling mulia. Mengerjakan sholat termasuk dalam kategori dzikrullah. Membaca Al-Qur'an juga adalah dzikir yang paling mulia.
"Tidaklah kami tahu bahwasanya Allah, kepada-Nya bertasbih apa yang ada di langit dan bumi, dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sholat dan tasbihnya. Dan Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan." (Qs. 24:41)

"Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada satupun melainkan berasbih dengan memuji-Nya. Tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun dan Maha Pengampun.: (Qs.17:44)

Ya allah, berilah aku kekuatan menggenggam padu azam menjejak jalanMu, sinarilah hidupku dengan cahaya DeenMu, tetapkanlah aku dilandasaaaan rahmatMu. Biarpun rintangan kan menanti, akan kurempuh berbekal iman yang teguh. Meskipun cobaan datang silih berganti, Insya Allah akan kutemuh berteman iman yang kukuh. Moga hidupku mendapatkan RidhoMu, matiku Khusnul Khotimah dan Akhirat nanti bertemuMu Yang Esa di Jannatul Firdaus. Amin Ya Rabbal'Alamin.

from Mutiara Amaly

2 comments:

Hypnotherapy said...

AsssWW, tulisan ini bagus sekali.
Ada 14 artikel The Secret / Dzikrullah - secara Islami pada http://loaislami.blogspot.com , pernah dimuat di milis dzikrullah tahun 2007 yl.
Semoga Allah memberikan rahmat kepada anda

Majlis Ar-raudhah said...

assallamu'alaikum
slm knl aj . . .
tlng donk ajarin gmn cara nya memodifikasi blog...
soal nya blog saya berantakan sekali.coba kamu buka www.majlisarraudhah.blogspot.com
syukron ....